Sabtu, 03 April 2010

program kerja komite sekolah

PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

VISI :
TERDEPAN DALAM PRESTASI, BERAKHLAKUL KARIMAH DALAM BERPERILAKU, CERDAS DALAM BERFIKIR, BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA


















MTs SA NURUL HUDA CURUG WETAN KEC. CURUG
KABUPATEN TANGERANG BANTEN
JULI 2009
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Berdasarkan dasar hukum pembentukan komite sekolah yaitu uu No. 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional ( Propenas ) dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.044 / U / merupakan acuan Komite Sekolah. Prisip pembentukan Komite Sekolah adalah transparan, akuntabel dan demokratis.
Pengurus Komite MTs SA Nurul Huda dalam melaksanakan tugasnya berperan sebagai advisory agency, supporting, controlling agency dan mediator. Komite MTs SA Nurul Huda berfungsi untuk mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, melakukan kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, menampung dan menganalisis aspirasi, ide tuntutan dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat dan memberikan masukan pertimbangan, rekomendasi kepada satuan pendidikan.
Dalam memberikan masukan pertimbangan dan rekomendasi kepada satuan pendidikan MTs SA Nurul Huda dalam hal kebijakan dan program pendidikan, RAPBS, kriteria kinerja satuan pendidikan , kriteria tenaga kerja pendidikan , dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan . Fungsi Komite MTs SA Nurul Huda juga untuk mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna dalam mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan dan menggalang dana masyarakat dalam rangka penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan serta melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan MTs SA Nurul Huda.
B. Dasar Hukum
Program kerja komite MTs SA Nurul Huda Curug Wetan Curug Tangerang, mengacu pada:
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 38 Ayat 2 “Kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor departemen agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah”.
UU No. 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional ( Propenas ) dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.044
C. Tujuan Penyusunan Program Kerja
Program Kerja ini dibuat mempunyai tujuan antara lain :
1. Untuk memudahkan pelaksanaan tugas komite, mencakup kegiatan operasional yang akan dilaksanakan dalam tahun pelajaran 2009 / 2010
2. Sebagai petunjuk dan arahan dalam melaksanakan tugas komite Madrasah untuk mencapai tujuan yang optimal.
3. Adanya pembagian tugas yang jelas bagi fungsionaris Komite Madrasah sehingga tidak terjadi tumpang tindih ( over lapping )
4. Untuk memudahkan evaluasi semua kegiatan baik secara kwantitatif maupun kwalitatif dalam mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan.
BAB II
TUJUAN , PERAN DAN FUNGSI KOMITE MADRASAH

A. Tujuan Komite
Komite Sekolah bertujuan untuk
1. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan.
2. meningkatkan tanggung jawab dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.
3. menciptakan nuansa dan kondisi transparan, akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan.
B. Peran Komite Sekolah
Kegiatan Komite Sekolah ber peran sebagai:
1. Pemberi pertimbangan
2. Pendukung
3. Pengontrol
4. mediator

C. Fungsi Komite Sekolah
Komite Sekolah berfungsi sebagai berikut :
1 Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
2 Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan /organisasi / dunia usaha / dunia industri ) dan pemerintah, berkenan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
3 Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat.
4 Memberi masukan, pertimbangan dan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai :
4.1. Kebijakan dan program pendidikan
4.2. Rencana Anggaran Pendidikan dan Belajar Madrasah (RAPBM )
4.3 Kriteria kinerja satuan pendidikan
4.4 Kriteria tenaga kependidikan
4.5 Kriteria fasilitas pendidikan, dan
4.6 Hal-hal yang terkait dengan pendidikan
5. Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan.
6. Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.
7. Melakukan efaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan penyelenggaraan dan keluaran pendididkan di satuan pendidikan.




















Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyusun Program Kerja Komite Sekolah sebagai hasil kajian bersama dalam forum rapat komite MTs SA Nurul Huda Curug Wetan Curug Tangerang.
Bahwa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional melalui upaya peningkatan mutu, pemerataan dan efisisnsi penyelenggaraan pendidikan dan tercapainya demokrasi pendidikan, maka perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang baik dan optimal.
Dukungan dan peran serta masyarakat perlu ditingkatkan untuk sinergi dalam satu wadah yang dinamakan komite sekolah.
Optomasimalisasi komite sekolah perlu dilakukan dengan masingmasing urusan / seksi, maka komite sekolah perlu membuat program kerja, sehingga tanggung jawab dan kepercayaan dari masyarakat akan dapat dikerjakan secara sistematis, teratur, terkendali dan terukur.
Hal di atas menjadikan bahwa program yang tersusun dimaksud dapat dijadikan para meter kerja dan ketercapaian harapan dengan evaluasi organisasi.
Demikian program kerja komite sekolah ini, kami buat untuk menyatakan harapan , dorongan dan motovasi semua pihak, sehingga sekolah yang merupakan tanggung jawab pemerintah, warga sekolah, dan dewan guru serta tanggung jawab masyarakat akan terwujud demi peningkatan mutu pendidikan secara makro.
Ketua Sekretaris

___________________ _______________
LEMBAR PENGESAHAN

Program kerja komite MTs SA Nurul Huda telah dirancang, dibuat dan disahkan oleh beberapa komponen yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dan telah diteliti oleh kepala kemag kab. Tangerang. Pengawas sekolah yang mendasarkan pada Keputusan Mentri Pendidikan Nasional No. 044/U/2002, tanggal 2 April 2002 dan disesuaikan dengan Anggaran Dasar ( AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Komite MTs SA Nurul Huda, selanjutnya sah untuk dilaksanakan dengan mengutamakan koordinasi yang baik.
Ditetapkan di : Curug
Pada Tanggal : Juli 2009

Ketua Sekretaris



___________________ __________________

Kepala MTs SA Nurul Huda Pengawas Sekolah



H. Aja Suhardja, S.Sos __________________
Mengetahui
Kepala Kementrian Agama
Kab. Tangerang




BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Keberadaan komite sekolah sebagai mitra kerja sekolah sangat dibutuhkan dalam peningkatan mutu, pemerataan dan efisiensi penyelenggaraan dan tercapainya demokrasi pendidikan di MTs SA Nurul Huda.
Peninggaktan tanggung jawab dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs SA Nurul Huda dapat menciptakan kondisi transparan, ankuntabel, dan demokratis dalam penyelenggagaranaan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di MTs SA Nurul Huda.

B. SARAN – SARAN
1. Perlu adanya peningkatan kerjasama yang baik anatara pihak komite sekolah dengan sekolah.
2. Pemberdayaan masyarakat dalam penggalian dana perlu ditingkatkan dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan sekolah.
3. Transparansi dalam kerja sama anatara komite sekolah dengan sekolah perlu ditingkatkan.






BAB III
RASIONALITAS PROGRAM


1. BIDANG KURIKULUM DAN LAYANAN PEMBELAJARAN
Bidang kurikulum merupakan perangkat dasar dalam pembelajaran sangat perlu dipantau oleh komite sekolah sehingga pelaksanaan KBM dan PBM benar-benar memenuhi standar isi dan standar minimum pengajaran. Pantauan dari beberapa pihak kami sadari telah banyak melakukan upaya monitoring dan supervisi masalah terkait, namun komite sebagai wakil warga masyarakat yang dalam hal ini memeliki wadah komite sekolah, berkewajiban untuk dapat memberikan kontribusi pengawasan, sehingga mutu PBM dan KBM akan berhasil guna dan berdaya guna. Kualitas pengajaran merupakan harapan dari semua peserta didik dan orang tua murid, sehingga akuntabilitas sekolah, khususnya di MTs SA Nurul Huda akan benar-benar dipercaya eksistensinya sebagai MTs bermutu yang sangat dibutuhkan akan keberadaannya. Tahun pelajaran 2009 / 2010 ini pihak kami menerapkan jadwal pantauan kurikulum dan layanan pembelajaran yang diprioritaskan sebagai berikut :

JADWAL KEGIATAN
NO BULAN KEGIATAN KET
1 Agustus 2009 Memantau kurikulum sekolah dan media pembelajaran
2 September 2009 Memantau kesiapam manajement kelas
3 Oktober 2009 Memantau profil kantor sekolah
4 Nopember 2009 Memantau frekuensi ulangan harian
5 Desember 2009 Memantau kegiatan Ulangan Umum
6 Januari 2010 Memantau keadaan silabus semester II
7 Februari 2010 Pemantauan pembentukan panitia UN
8 Maret 2010 Pemantauan kegiatan UN
9 April 2010 Pemantauan kegiatan UN
10 Mei 2010 Evaluasi program kerja bidang kurikulum dan layanan pembelajaran.
11 Juni 2010 Pemantauan pleno komite sekolah

Demikian program kerja urusan kurikulum dan layanan pembelajaran yang kami buat untuk dapat dijadikan pedoman kerja komite sekolah secara komprehensif.

Ketua Urusan Kurikulum dan
Layanan Pembekajaran

________________________ ______________________











2. BIDANG USAHA

Berjalan dan timbulnya seluruh manajemen oraganisasi selain planing, organizing, dan controling, peran manajemen KEUANGAN sangatlah penting. Bidang usaha di dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya berupaya menggali potensi peran serta masyarakat ( PSM ) dan pendekatan dengan institusi, menciptakan suatu dana yang dikelompokkan dalam upaya pemberdayaan kualitas sekolah.
Agar hal tersebut di atas dapat tercapai optimal dan berhasil guna maka urusan usaha komite sekolah mencoba membuat rencana kerja sebagaimana tersebut dibawah ini.
Harapan seksi usaha adalah merupakan unsur-unsur PSM dan pihak dinas, sekaligus jadwal konsultasi dan rapat-rapat dapat diatur sesuai program kerja di bawah ini.
JADWAL KEGIATAN
NO BULAN KEGIATAN KET
1 Agustus 2009 Rapat wali murid / program kerja
sekolah Pleno

2 September 2009
Donatur khusus Lingkup desa
Curug Wetan
3 Oktober 2009 Rapat panitia pavingisasi Rapat Wali
murid
4 Nopember 2009
Rapat pengadaan pavingisasi dan
pengadaan seragam batik siswa Rapat Wali
murid

5 Desember 2009

6 Januari 2010 Pengadaan media kelas dan kantor Koordinasi dengan seksi
kurikulum
dan
layananan
pembelajaran

7 Februari 2009
8 Maret 2009
9 April 2009 Mengadakan rapat wali murid kl VII Koordinasi
dengan seksi
kurikulum
dan
layananan
pembelajaran

10 Mei 2009 Rapat kelulusan Koordinasi
dengan seksi
kurikulum
dan
layananan
pembelajaran

11 Juni 2009

Demikian ranncangan program kerja seksi usaha mudah-mudahan program ini tercapai sehingga, program ini dapat mendukung program kerja sekolah sekolah secara optimal.
Kepada saudara ketua komite sekolah dan kepala sekolah MTs SA Nurul Huda, program kerja kami ini sebagai evaluasi kerja di masa mendatang.


Ketua Urusan / seksi usaha


¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬___________________ __________________


3. BIDANG SARANA DAN PRASARANA

Suatu organisasi dapat dinyatakan layak atas pada manajemen yang dilaksanakan hal itu tidak terlepas dari suatu bidang yang dapat melukiskan representatf terhadap makna organisasi itu sendiri, yakni bidang sarana dan prasarana.
Sarana dan prasarana suatu lembaga sekolah yang langsung dipertanggung jawabkan oleh pihak pemerintah dan pihak yang mengharuskan sekolah itu berupaya untuk mencari solusi guna kesempurnaan manajemen organisasinya sendiri. Upaya Komite Sekolah dalam menyempurnakan program sarana dimaksud berupaya mencari terobosan kepada peran serta masyarakat, lingkup donatur di sekitar sekolah sebagai upaya pemberdayaan peran serta masyarakat dibidang sarana dan prasarana sekolah. Guna merealisasikan tugas dan tanggung jawab urusan ini, kami membuat
program kerja urusan seperti tersebut di bawah ini :
JADWAL KEGIATAN

NO BULAN KEGIATAN KET
1 Juni/Juli 2009/2010
Rapat pengadaan sarana prasarana Data ada
pada urusan
keuangan sah
lainnya
2 Nopember 2009
Rapat Pengadaan
-Perlengkapan Sekolah (kantor/Kelas)
-Pavingisasi
-Pengadaan sarana lainnya Rapat terpadu

3 Desember 2009
Rapat Program sarana olah raga:
Pembuatan lapangan bulu tangkis, Rapat terpadu

4 April 2009 Rapat pengadaan sarana perpustakaan
sekolah Rapat terpadu



Ketua Urusan Sarana/Prasarana


¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬__________________ __________________
















4. PEMBERDAYAAN SDM

Sumber daya manusia merupakan pilar terdepan dalam menyelenggarakan fungsi-fungsi manajemen sebuah organisasi. Begitupun pada organisasi sekolah sangat menentukan adanya sumber daya manusia yang dapat bersaing positif dalam era persaingan dan globalisasi saat ini. Guna mencapai sumber daya manusia yang diharapkan, maka komite MTs SA Nurul Huda Curug Wetan membuat program pemberdayaan sumber daya manusia/ para dewan guru untuk dapat mengoftimalkan profesinya dengan rencana kegiatan di bawah ini.
Dalam keterkaitan program kerja ini kami memberikan skala prioritas, sehingga budget sekolah tetap dapat menjadi komponen pleksibel dalam mengelola keuangan sekolah. Prioritas program kerja kami adalah membantu pelaksanaan dan pencapaian sumber daya manusia seperti di bawah ini .
PROGRAM KERJA
NO BULAN PRIORITAS PROGRAM KET

1 Nopember 2009 Workshop AIBEP Putaran 1
2 Januari 2010 Workshop AIBEP Putaran II
3 Maret 2010 Workshop AIBEP Putaran III

Ketua Urusan Pemberdayaan SDM

_________________ _______________________



5. KOMUNIKASI DAN KERJASAMA

Hubungan ke dalam dan keluar sebuah organisasi mutlak diperlukan, komunikasi yang seimbang dapat memunculkan persepsi yang baik. Hal itu dilakukan demi eksistensi sebuah organisasi yang solit.
Dalam hubungan tugas dan tanggung jawab urusan komunikasi dan jerja sama kami membuat susunan program yang tersurat dalam tulisan ini sebagai bukti pertanggung jawaban dan kepercayaan diri kami sebagai urusan komunikasi dan kerja sama pada komite MTs SA Nruul Huda Curug Wetan. Susunan program dimaksud dapat dilihat pada program kerja di bawah ini.
PROGRAM KERJA
NO BULAN URAIAN TUGAS KET
1 Juni/Juli 2009 Memberikan pemahaman tentang
kurikulum dan layana pembelajaran Koordinasi dengan
Urusan kurikulum
Dan pembelajaran
2 Agustus 2009 Pembentukan program kerja MTs Koordinasi dengan
Urusan kurikulum
Dan pembelajaran
3 Seprmber 2009 Donatur khusus
Rapat pavingisasi
Pengadaan mebeler Koordinasi dengan seksi urusan usaha
4 Nopember 2009 Rapat pengadaan dan pengadaan
seragam batik sekolah Koordinasi dengan seksi urusan usaha
5 Desember 2009
Rapat pengadaan seragam olah taga
Rapat pembuatan sarana olah raga
Koordinasi
dengan seksi
urusan usaha

6 Januari 2010
7 Juni 2010


Ketua Urusan Komunikasi dan Kerja sama


_____________________ ____________________




















DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………
KATA PENGANTAR……………………………………………………………..
DAFTAR ISI……………………………………………………………………..
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………….
A. Latar Belakang………………………………………………………………….
B. Dasar Hukum…………………………………………………………………….
C. Tujuan Penyusunan Program Kerja……………………………………………
BAB II TUJUAN, PERAN DAN FUNGSI KOMITE……………………………
A. Tujuan Komite………………………………………………………………….
B. Peran Komite………………………………………………………………….
C. Fungsi Komite…………………………………………………………………...
BAB III RASIONALITAS PROGRAM…………………………………………..
1. Bidang kurikulum dan layanan pembelajaran……………………………………
2. Bidang Usaha……………………………………………………………………
3. Bidang Sarana dan Prasarana…………………………………………………….
4. Pemberdayaan SDM…………………………………………………………….
5. Komunikasi dan kerjasama……………………………………………………..
BAB IV PENUTUP………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar